Proyek 'Jurassic Park' Taman Nasional Komodo, Pemerintah Berharap Jadi Destinasi Wisata Premium

- 26 Oktober 2020, 21:58 WIB
Para peneliti memprediksi bahwa Komodo akan punah. /PIXABAY

JAKBARNEWS – Program pemerintah yang ingin menjadikan Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca Labuan Bajo, NTT sebagai destinasi wisata alam geo park serupa dengan “Jurassic Park” tengah hangat dibicarakan oleh masyarakat di media sosial.

Jurassic Park sendiri merupakan film Hollywood yang diadaptasi dari kisah fiksi, yang bercerita tentang taman nasional khusus yang didedikasikan untuk penelitian dan wisata edukasi dinosaurus. Hewan purba itu dihidupkan kembali berkat kemajuan teknologi. 

Pulau Komodo dan Pulau Rinca sendiri sudah ditetapkan sebagai taman nasional sejak 1980, untuk melindungi satwa komodo atau Varanus komodoensis, hewan endemik purba yang hanya bisa ditemukan di NTT.

Baca Juga: Stop Bilang Selasa Hari Sial, Mempercayainya Justru Bikin Apes Beneran, Begini Pandangan Islam

Nantinya, salah satu kawasan yang akan mengalami perubahan desain secara signifikan adalah Pulau Rinca di Kabupaten Manggarai Barat. 

Dilansir dari RRI, pulau habitat komodo ini, akan disulap besar-besaran oleh pemerintah dan investor swasta sebagai destinasi wisata premium.

Pemerintah mengeklaim, proyek-proyek yang dikerjakan di TN Komodo tersebut tetap memprioritaskan aspek ekologi berkelanjutan bagi spesies komodo dan sosial bagi penduduk sekitar.

Baca Juga: Kudapan Seru hingga Solusi Logistik di Merchant ShopeePay Minggu Ini!

"Tujuan utama konsep ini adalah mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan dengan mengembangkan potensi yang ada dengan cara yang berkelanjutan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya.

Diketahui, Pemerintah pusat menganggarkan dana sebesar Rp69.96 miliar untuk menata kawasan Pulau Rinca, yang meliputi bangunan pusat informasi, sentra suvenir, kafe, dan toilet publik.

Halaman:

Editor: Guntur Sulistyo

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X