Ojol Jakarta dan Bandung Boleh Angkut Penumpang, Eko Prabowo: Bogor Tunggu Dulu

- 23 Juni 2020, 19:27 WIB
Ojol Bogor Belom Boleh Angkut Perumpang PR-Bekasi

JAKBARNEWS – Kabar baik untuk abang dan mpok pengendara ojek online (ojol), karena sudah boleh narik penumpang lagi. Tapi buat wilayah Bogor, harus bersabar.

Berdasarkan Permenhub 41/2020, ojol memang sudah diizinkan untuk membawa orang sebagai penumpang, namun ini masih dibagi per zona.

Seperti diberitakan Pikiran-Rakyat.com, kebijakan pemberlakukan tersebut berdasarkan wilayah yang masuk kategori aman. Jadi, belum semua daerah.

Hal itu pun diamini Eko Prabowo, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor. “Untuk wilayah Bogor tunggu dulu. Karena masih zona kuning, belom dibolehkan. Jadi, mohon bersabar.”

Sebaliknya, sambil nunggu tingkat kewaspadaan Covid-19 melandai, Dishub ‘kota Hujan’ meminta agar para pelaku ojol untuk mengajukan surat proposal adaptasi kebiasaan baru (AKB)

AKB tersebut berisi seputar kewajiban para driver yang bisa dilakukan jika nanti sudah diijinkan mengangkut penumpang lagi. “Memang para driver sudah minta agar diijinkan  bawa penumpang. Tapi itu semua kan ada aturan mainnya dan harus jelas dan bisa dipertanggungjawabkan,” lanjut Eko.

Maksud Eko, tentu terkait pemberlakukan angkut penumpang yang aman itu seperti apa?  . “Misal kelengkapan surat keterangan sehat bagi pengendara ojol yang dibuktikan lewat tes kesehatan rutin dan lainnya,” tambah Eko.

Disinggung Eko, contoh di Jakarta, ojol boleh angkut penumpang di wilayah zona hijau. “Tapi untuk yang masih merah, belum boleh. Kalau wilayahnya berdekatan, gimana? Di sini boleh, di situ tidak, nah ini yang bingung atur sinyalnya. Operator juga ikut bingung, kan?”

Nah, hal-hal seperti itu yang sedang dipikirkan tim Dishub kota Bogor, termasuk soal penambahan kuota penumpang pada transportasi publik. Jadi, nantinya akan diumumkan aturannya, baik untuk ojol dan angkot.  

Halaman:

Editor: Acip Setiawan

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X