Geger! Basis Data Pribadi Pasien Corona Indonesia Dijual Hacker di Situs Gelap

- 23 Juni 2020, 14:58 WIB
Data Pasien Covid-19 dihack Ekrut.com

JAKBARNEWS - Kabar menghebohkan datang dari Menkominfo. Seorang peretas mengaku memiliki basis data pasien COVID-19 di Indonesia dan menjualnya di situs gelap.

Seorang pengguna situs RaidForums pada 18 Juni 2020 menjual basis data COVID-19 di Indonesia dari pembobolan pada tanggal 20 Mei 2020.

Data yang didapat peretas antara lain berupa ID pengguna, nama responden, jenis kelamin, usia, nomor telepon, alamat tinggal hingga status pasien.

Seperti disampaikan laman Pikiran-Rakyat.com, Peretas diduga mengantongi 230.000 data dalam format MySQL dalam unggahan di situs gelap tersebut.

Dikabarkan juga, situs yang sama beberapa waktu lalu juga memuat seorang peretas yang menjual data jutaan pengguna Tokopedia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara, selaku penanggung jawab keamanan data COVID-19 di Indonesia saat ini masih terus menelusuri dugaan peretasan basis data pasien Corona yang beredar di dunia maya.

 "Database COVID-19 dan hasil cleansing yang ada di data center Kominfo aman," kata Menteri Kominfo Johnny G Plate, melalui pesan singkat, dikutip Sabtu (20/6/2020).

 

Editor: Acip Setiawan

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X