Ungkap Besaran Gaji TKA China di Indonesia, Ekonom: Mereka Bukan Tenaga Ahli

- 14 Oktober 2021, 10:00 WIB
Ilustrasi TKA China.
Ilustrasi TKA China. /Marko Lovric/Pixabay

JakBarNews.com - Selama Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai presiden, Indonesia memiliki kedekatan hubungan diplomatik dengan China.

Hal ini dibuktikan dengan dilibatkannya negeri tirai bambu itu pada setiap program pemerintah, salah satunya di sektor infrastruktur.

Selain itu, masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) China ke Indonesia juga masih menjadi sorotan.

Pasalnya, Pemerintah dinilai tidak transparan dalam memberikan informasi masuknya TKA Negeri Tirai Bambu itu ke Tanah Air.

Baca Juga: Sinopsis Film The Last Witch Hunter: Aksi Vin Diesel Jadi Sang Penyihir Terakhir di Bioskop TransTV

Selain itu, keberadaan para TKA tersebut juga menimbulkan kecebumburuan sosial khususnya bagi masyarakat Indonesia yang belum memiliki pekerjaan.

Baru-baru ini, ekonom senior Faisal Basri mengungkap segala hal yang selama ini dinilainya tak banyak diketahui publik tentang tenaga kerja asing (TKA) China yang masuk Indonesia.

Kedatangan TKA China ke Indonesia kerap mengundang kritik publik, salah satunya karena kedatangan mereka di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Selain itu, banyak pula yang menilai kedatangan TKA China ke Indonesia akan membuat potensi tenaga kerja di Indonesia sulit terserap.

Baca Juga: Sinopsis Film Gotti: Aksi John Travolta Jadi Bos Mafia Amerika, Tayang di Bioskop Spesial TransTV

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X