Sebut Indonesia Berpotensi Alami Lumpuh Total, BMKG Berikan Penjelasan

- 6 Oktober 2021, 14:22 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /Pixabay

JakBarNews.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di dalam kawasan cincin api dunia atau ring of fire.

Sebagai salah satu negara yang berada di kawasan Ring of Fire, Indonesia rentan mengalami terjadinya sejumlah bencana alam seperti gunung meletus, gempa Bumi, dan tsunami.

Sejumlah wilayah yang rawan dilanda gempa Bumi dan tsunami telah dipetakan oleh Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sebelumnya, BMKG memberikan peringatan adanya potensi gempa Bumi yang menyebabkan adanya tsunami setinggi 28 meter di pesisir selatan Pulau Jawa.

Baca Juga: Pembangunan IKN Diduga Ada Campur Tangan China, Hidayat Nur Wahid Soroti Dampak Penanganan Covid-19

BMKG juga telah menyiapkan sejumlah skenario hingga simulasi untuk mengantisipasi terjadinya gelombang tsunami setinggi 28 meter di pesisir selatan Pulau Jawa.

Terbaru, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan dari sejumlah wilayah yang ada di Indonesia, Cilacap, Jawa Tengah menjadi daerah di Indonesia yang paling rawan terhadap gempa bumi dengan potensi tsunami.

Dirinya menilai Cilacap sebagai daerah paling rawan diterjang tsunami lantaran langsung berada di pantai, berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia.

Hal ini juga menjadikan sejumlah aset nasional yang dimiliki Indonesia di Cilacap cukup riskan jika terjadi bencana yang berujung tsunami.

Baca Juga: Pakar Ungkap Kapal China Masih Berkeliaran di ZEE Indonesia, Ini Kata TNI AL

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X