Peringatan! BMKG Temukan Aktivitas Siklon di Indonesia, Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem!

- 21 November 2020, 11:42 WIB
BMKG Temukan Aktivtias Siklon di Indonesia, Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem! /Pixabay

JAKBARNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Sirkulasi (BMKG) menyampaikan telah menemukan aktivitas siklon yang terpantau di sejumlah wilayah Indonesia.

Siklon tropis merupakan sebuah jenis sistem tekanan udara rendah yang terbentuk secara umum di daerah tropis.

Sementara angin sejenisnya bisa bersifat sangat merusak atau destruktif tinggi, siklon tropis adalah bagian penting dari sistem sirkulasi atmosfer, yang memindahkan panas dari daerah khatulistiwa menuju garis lintang yang lebih tinggi.

Baca Juga: Jual Voucher 12x Lebih Banyak Selama 11.11, ShopeePay Berdayakan Bisnis Masyarakat

Siklon tersebut terlihat di Samudra Hindia barat Aceh, di Hindia barat Bengkulu, dan di Selat Karimata yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Kemudian, memanjang di perairan utara Aceh, dari Sumatra Utara hingga perairan barat Bengkulu, di Selat Karimata bagian utara, serta dari Kalimantan Tengah sampai Selat Karimata bagian selatan.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menyampaikan bahwa kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem ke Seluruh Wilayah Indonesia Sepekan ke Depan, Ada Potensi Hujan Es

Menurut Guswanto, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Acip Setiawan

Sumber: BMKG, PMJNews


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X