HUT Bhayangkara ke-74: Ulang Tahun 1 Juli, Dapat Diskon Bikin dan Perpanjang SIM Bagi Warga DKI

- 25 Juni 2020, 21:53 WIB
HUT Bhayangkara ke-74, Dapat Diskon Bikin SIM Humas Polri

JAKBARNEWS - Kabar bagus datang dari peringatan HUT Bhayangkara ke-74  pada 1 Juli 2020. Khusus  wilayah DKI Jakarta, Polisi memberikan beragam kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya untuk pengurusan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Nah, bagi masyarakat  DKI Jakarta yang hendak membuat SIM baru atau sekadar memperpanjang izin  SIM akan mendapatkan keringanan alias diskon, terutama yang  tanggal lahirnya sama dengan Kepolisian RI, yaitu  1 Juli. Polda Metro Jakarta  akan memberikan kado spesial berupa diskon khusus.

Menurut Kasi SIM Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin, layanan ini bukan SIM gratis karena tetap ada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang disetorkan ke negara.

“Layanan ini merupakan pembayaran PNBP  yang didukung Bank BRI. Untuk itu Polda Metro juga bekerja sama dengan Bank ‘pelat merah’ ini untuk menentukan pemohon yang lahir pada 1 Juli,” jelas Kompol Lalu Hedwin.

Sesuai aturan, PNBP untuk pembuatan SIM baru antara lain SIM A Rp 120.000 dan SIM C Rp 100.000. Sementara PNBP untuk perpanjangan SIM adalah SIM A Rp 80.000 dan SIM C Rp 75.000. Untuk pemohon yang ultah pada 1 Juli, bisa dapat diskon.

Tapi ingat, kuota keringanan bikin dan perpanjang SIM saat HUT Bhayangkara dibatasi. Untuk pembuatan SIM baru hanya 200 pemohon yang berulang tahun 1 Juli dan untuk perpanjangan ada 300 pemohon yang ulang tahunnya 1 Juli juga.

Pendaftaran keringanan bikin SIM dibuka mulai 25 Juni sampai 31 Juni 2020. Lokasi pendaftaran dan pelaksanaan pelayanan berada di SATPAS Polda Metro Jaya di Jl Daan Mogot KM.11, Jakarta Barat.

Bagi yang hendak mendaftar, ikuti persyaratannya, antara lain, E-KTP asli & fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori & praktik untuk pemohon SIM baru, dan SIM asli untuk pemohon proses perpanjangan. Ayo siapa cepat, pasti dapat.

Editor: Acip Setiawan

Sumber: Divisi Humas Polri


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X