Nekad Keluar Rumah Tanpa Masker di Masa PSBB? Siap-Siap Alami Sanksi Seperti Wanita Ini

- 23 Juni 2020, 14:27 WIB
Sanksi PSBB di DKI Jakarta Lambe-Turah

JAKBARNEWS - Beredar video seorang wanita di Taman Aries, Jakarta Barat, terkena sanksi sosial menyapu daun kering di jalan di wilayah Taman Aries, Jakbar.

Wanita tersebut terkena sanksi pelanggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) karena tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

Kasatpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat, mengatakan pihaknya menjalankan Keputusan Gubernur No. 563 Tahun 2020 tentang pemberlakuan, tahapan dan pelaksanaan kegiatan aktivitas PSBB pada masa transisi menuju masyarakat sehat, aman dan produktif.

“Salah satu temuannya, terdapat seorang wanita yang keluar tanpa masker, dikenai sanksi kerja sosial menyapu jalanan dengan mengenakan rompi oranye,” terang Tamo.

Pada rekaman video yang viral, wanita ini menunjukkan rasa jijiknya saat memegang peralatan kebersihan, dan memindahkan sampah yang tercecer di jalan menggunakan kakinya.

Para pelanggar aturan PSBB dikenakan sanksi oleh Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Barat. Seperti dikutip dari Pikiran-Rakyat.com, sebanyak 11 warga tidak menggunakan masker di kawasan Loksem Pasar, Taman Aries, Kembangan, Jakbar.  Dua warga pelanggar diberi surat teguran tertulis dan sembilan lainnya diberi sanksi kerja sosial.

Polda Metro Jaya akan tetap melakukan pemeriksaan pada Pembatasan Sosial Berskala Besar yang masih berlaku di Jakarta, walaupun Operasi Ketupat Jaya 2020 telah berakhir 7 Juni 2020 lalu.

Selain pemberian sanksi pada pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan, Polda Metro Jaya bekerja sama dengan TNI dan Dishub DKI, serta Satpol PP Jakarta akan melakukan pemeriksaan Surat Ijin Keluar Masuk atau SIKM.

Pemeriksaan PSBB dan SIKM dilakukan di 33 titik pos yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, termasuk di Bandara, stasiun kereta, terminal,  dan tempat-tempat umum yang menjadi lokasi berkumpul masyarakat.

Halaman:

Editor: Acip Setiawan

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X