Mau Naik Bus AKAP? Boleh, Asalkan Patuh Dengan 3 Protokol Kesehatan

- 18 Juni 2020, 20:14 WIB
Terminal Kalideres, Jakbar Kembali Beroperasi Berita Jakarta

JAKBARNEWS - Perlahan-lahan, aktivitas masyarakat, khususnya di wilayah Jakarta Barat mulai aktif. Salah satunya di Terminal Kalideres, Jakbar yang sudah dibuka pada 11 Juni lalu. Para penumpang sudah boleh memanfaatkan layanan bus antar kota antar provinsi (AKAP)

Aktivitas pengguna layanan bus AKAP memang mulai terlihat geliatnya. Namun semua calon penumpang patuh Protokol menjaga kesehatan, demi pencegahan penularan Covid-19.

Seperti diungkapkan Revi Zulkarnaen, Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres yang dikutip JakbarNews dari Berita Jakarta, “Bus AKAP sudah beroperasi di Terminal Kalideres, tapi ya penumpang masih belum terlalu ramai.”

Terminal Kalideres sempat ditutup sementara untuk tidak melayani penumpang yang berpergian ke luar kota sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, terkait Pengendalian Transportasi Selama Musim Idul Fitri 1441 H kemarin.  

Meski begiti, masih menurut Revi, dibukanya layanan di Terminal Kalideres, tidak bisa seenaknya saja. Artinya, harus tetap mengikuti protokol kesehatan dan peraturan lain yang diberlakukan. “Seluruh awak bus mau pun penumpang wajib mematuhi peraturan tersebut,” pesan Revi.

Protokol yang dimaksud Revi adalah, pertama harus pakai masker, kedua, jaga jarak ketika antre beli tiket atau saat naik, turun atau ada di ruang tunggu.

Selain itu, penumpang juga masih dibatas, yakni 50 persen dari kapasitas semestinya yang tersedia pada bus. Tak ketinggalan petugas akan  melakukan pemeriksaan suhu tubuh mulai dari masuk dan keluar terminal. 

Bahkan, di Terminal Kalideres juga sudah disiapkan ruang sementara untuk calon penumpang yang tidak punya Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta. “Buat langkah preventif, kami juga menyiapkan 1 bus sekolah di area terminal untuk mengantar warga jika harus menjalankan isolasi mandiri,” tutup pria ramah ini.   

Editor: Guntur Sulistyo

Sumber: Erikyanri Maulana


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X