Teka-teki Makin Terungkap, Taliban Mengirim Orang Untuk Hapus Jejak Setelah Pemimpin Al Qaeda Terbunuh

- 4 Agustus 2022, 17:48 WIB
Sempat Diburu CIA, Kematian  Ayman al-Zawahiri  Pemimpin Al Qaeda Bernilai 371 Miliar
Sempat Diburu CIA, Kematian Ayman al-Zawahiri Pemimpin Al Qaeda Bernilai 371 Miliar /Tangkapan Layar Twitter.com/@Rita_Katz

JakBarNews.com - Selama berbulan-bulan, pemimpin Al Qaeda Ayman  Al Zawahiri tinggal di jantung Kabul. Kediaman Zawahiri tidak jauh dari Kedutaan Besar Inggris di Afghanistan (sekarang ditutup) dan bersebelahan dengan rumah Sirajuddin Haqqani, asisten senior pemimpin Taliban.

Hanya beberapa jam setelah pemimpin Al Qaeda itu tewas saat berdiri di balkon, seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa Taliban telah mengirim orang, menghapus jejak Zawahiri dan mengantar istri, anak perempuan dan cucunya ke tempat tinggal baru.

Pada tanggal 2 Agustus, anggota Taliban mengepung daerah itu, meminta orang-orang untuk menjauh dan mengancam akan menangkap wartawan. Rumah itu tersembunyi di Sherpur lingkungan yang pernah dicintai oleh banyak orang Barat.

Baca Juga: Taiwan Simpan Harta Karun Menggiurkan yang Membuat AS dan China Makin Gelap Mata, Simak Faktanya

Para pemimpin Al Qaeda dan Taliban telah saling bergantung selama beberapa dekade, sejak Osama bin Laden berlindung di Afghanistan di bawah pemerintahan Taliban pada 1990-an. Aliansi itu kuat, bahkan masih hidup. Baik setelah penggulingan Taliban rezim dan setelah dua dekade kehadiran AS di Afghanistan.

Dan pilihan Zawahiri menunjukkan bahwa hubungan itu tetap kuat hingga hari ini, meskipun Taliban berjanji untuk tidak membiarkan kelompok teroris bersembunyi di Afghanistan, menurut Wall Street Journal.

Sejak Taliban menguasai Afghanistan hampir setahun yang lalu, kelompok itu mengatakan ingin membangun hubungan damai dengan Washington dan dunia.

Baca Juga: Spesifikasi OPPO A57 Makin Meledak Dilengkapi Dapur Pacu Super Ngebut, Kini Dijual Murah Meriah Tumpah

Namun, mereka juga tidak ingin meninggalkan kemitraan mereka dengan Al Qaeda. Hubungan ini secara inheren diperkuat melalui pernikahan dan koneksi antargenerasi.

Halaman:

Editor: Muhammad Yusuf

Sumber: The Wall Street Journal Zing News


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x