Konflik AS-China Datangkan Cuan, Saham Asia Mendadak Melejit karena Ketegangan Dua Negara Raksasa Itu

- 3 Agustus 2022, 17:50 WIB
Ilustrasi saham.
Ilustrasi saham. /Reuters/Regis Duvignau/

JakBarNews.com - Pasar saham Asia sebagian besar lebih tinggi pada hari Rabu karena para pedagang mengamati tanda-tanda perdagangan mungkin terganggu oleh ketegangan AS-China atas kunjungan anggota parlemen Amerika ke Taiwan.

Shanghai, Hong Kong, Tokyo dan Seoul maju setelah Beijing mengumumkan larangan impor beberapa barang Taiwan tetapi tidak ada hukuman besar segera menyusul kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Baca Juga: Kabar Gembira! PayPal Konfirmasi Sudah Daftar di Indonesia dan Tak Akan Diblokir Pemerintah

Partai Komunis yang berkuasa di daratan mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan menolak kontak resmi asing dengan pulau demokrasi yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

"Pertunjukan kekuatan nyata oleh China masih akan datang," kata Clifford Bennett dari ACY Securities dalam sebuah laporan.

Shanghai Composite Index naik 0,4% menjadi 3.199,91 dan Nikkei 225 di Tokyo naik 0,5% menjadi 27.731,52. Hang Seng di Hong Kong naik 0,5% menjadi 19.789,98.

Baca Juga: Pacar Vladimir Putin, Alina Kabaeva Jadi Sasaran Empuk Pemerintah AS dengan Lakukan Serangan Ini

Taiex Taiwan turun 0,3% menjadi 14.705,52 setelah Beijing mengumumkan larangan jeruk dan beberapa ikan dari Taiwan untuk menunjukkan ketidaksenangannya atas kunjungan Pelosi.

China daratan mengumumkan manuver militer di daerah sekitar Taiwan tetapi tidak ada indikasi bahwa hal itu akan menghukum industri seperti produsen chip prosesor Taiwan yang dibutuhkan oleh pabrik-pabrik China yang merakit smartphone dunia.

Halaman:

Editor: Muhammad Yusuf

Sumber: CTV News


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x